Cari Blog Ini

Sabtu, 08 Januari 2011

Manfaat Tanaman di Sekitar Kita

 ini beberapa contoh tanaman yang bermanfaat!!!!!

Cegah Pikun dengan Kunyit

Yup, bukan rahasia lagi,  rempah yang satu ini memang kaya khasiat. Sebut saja, bermanfaat melancarkan haid, mengandung antioksidan tinggi, dan menghambat pertumbuhan sel tumor.

Selain itu, baru-baru ini, penelitian dari University of California, Amerika Serikat, menyatakan kunyit mampu menghambat dan memecahkan selaput lendir otak yang dikenal sebagai biang keladi pemicu Alzheimer.

Dengan begitu, ada baiknya mengikuti kebiasan penduduk India yang hobi mengonsumsi kari, bahan makanan yang berasal dari kunyit ini. Pasalnya, dari penelitian tersebut, penderita Alzhemer di India berkisar empat  kali lipat lebih kecil dibandingkan di Amerika Serikat, yang lebih dari 4 juta penduduknya sudah didiagnosis menderita Alzheimer.

Buncis, Ampuh Cegah Penyakit Kencing Manis

Mengonsumsi buncis dalam keadaan mentah sebagai lalapan, ternyata dapat mencegah dan mengendalikan penyakit diabetes mellitus. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Yayuk Andayani, ahli pangan dari Institut Pertanian Bogor, buncis mengandung zat yang dinamakan B-sitosterol dan stigmasterol, yang berfungsi meningkatkan produksi insulin dalam tubuh.

Insulin adalah suatu hormon yang dihasilkan secara alamiah oleh pankreas. Namun, bagi penderita kencing manis, pankreas hanya menghasilkan sedikit insulin, atau bahkan tidak sama sekali. Nah, kedua zat dari buncis tersebut mampu merangsang pankreas meningkatkan produksi insulin, sehingga bisa menurunkan kadar gula dalam darah.

Kebal Penyakit  dengan Minyak Kayu Manis

Agar terhindar dari virus dan bakteri pemicu penyakit terutama di musim hujan kita sering menggunakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) yang banyak dijual dipasaran. Tetapi hal tersebut bukan tanpa risiko. Jika Anda sering menggunakannya, tubuh bisa menjadi resisten terhadap bakteri karena cairan mengandung antibiotik. Banyak ahli kesehatan menyarankan untuk membuat sendiri cairan pembersih yang berasal dari bahan alami, yaitu berbahan dasar minyak kayu manis. Kayu manis mengandung zat antimikrobakteri yang sangat efektif.

Penelitian terbaru menunjukan, minyak kayu manis bisa mematikan bakteri penyebab infeksi. Penelitian yang dilakukan tim peneliti Prancis pada 2008 menunjukkan minyak kayu manis dengan konsentrasi 10%, sangat efektif menangkal bakteri staphylococcus, e-coli dan beberapa jenis bakteri yang tidak bisa diatasi dengan antibiotik karena sudah resisten.

Dr Lawrence D Rosen, seorang dokter anak asal New Jersey, Amerika Serikat merekomendasikan cairan pembersih tangan alami dalam blog nya ww.wholechildcenter.org. Ia menuliskan cara membuat cairan pembersih tangan sendiri yang disebut Thieves oil.

Ia mencampur minyak kayu manis, minyak lemon dan minyak kayu putih (eucalyptus) untuk membuat cairan pembersih tangan. Minyak tersebut sebenarnya sudah ada sejak abad pertengahan. Dulu, ada pencuri yang mengambil perhiasan yang masih menempel pada tubuh mayat dan menggunakan Thieves Oil agar terhindar dari penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar